MODEL PEMBELAJARAN EFEKTIF


MODEL-MODEL PEMBELAJARAN YANG EFEKTIF

A.        EXAMPLES NON EXAMPLE
Contoh dapat dari kasus/gambar yang relevan dengan KD
Langkah-langkah :
1.       Guru mepersiapkan gambar-gambar sesuai dengan tujuan pembelajaran.
2.       Guru menempelkan gambar di papan atau ditayangkan melalui OHP.
3.       Guru memberi petunjuk dan memberi kesempatan pada siswa untuk memperhatikan atau menganalisa gambar.
4.       Melalui disikusi kelompok 2-3 orang siswa, hasil diskusi dari analisa gambar tersebut dicatat  pada kertas.
5.       Tiap kelompok diberi kesempatan membacakan hasil diskusinya.
6.       Mulai dari komentar/hasil diskusi siswa mulai menjelaskan materi sesuai tujuan yang ingin dicapai.
7.       Kesimpulan
B.        PICTURE AND PICTURE
Langkah-langkah :
1.       Guru menyampaikan kompeensi yang ingin dicapai.
2.       Menyampaiakn matei sebagai pengantar.
3.       Guru menunjukan atau memperlihatkan gambar-gambar kegiatan berkaitan dengan materi.
4.       Guru menujuk atau memanggil siswa secara bergaintan memasang tau mengurutkan gambar-gambar menjadi urutan yang logis.
5.       Guru menanyak alasan atau dasar pemikiran urutan gambar tersebut.
6.       Dari alasan atau uruatan gambar tersebuat guru mulai menanamkan konsep atau materi sesuai denag kompetensi yang ingin dicapai.
7.       Kesimpulan atau rangkuman.
C.        NUMBERED HEADS TOGETHER
(KEPALA  BERNOMOR) (Spencer Kagan 1992)
Langkah-langkah :
1.       Siswa dibagai dalam kelompok, setiap siswa dalam kelompok mendapat nomor.
2.       Guru memberikan tugas dan masing-masing kelompok mengerjakannya.
3.       Kelompok mendiskusikan jawaban yang benar dan memastikan tiap anggota kelompokdapat mengerjakan/mengetahui jawabannya.
4.       Guru memanggil salah satu nomor siswa dengan nomor yang dipanggil melaporkan hasil kerjasama mereka.
5.       Tanggapan dari teman yang lain, kemudian guru menunjuk nomor yang lain.
6.       Kesimpulan.

D.        COOPERATIVE SCRIPT (Dabsereu CS,1985)
Skrip Kooperatif :
Metode belajar dimana siswa bekerja berpasangan dan bergantian secara lisan mengikhtisarkan, bagian-bagian dari materi yang dipelajari.
Langkah-langkaha :
1. Guru membagai siswa untuk berpasangan.
2. Guru membagikan wacana/materi tipa siswa untuk dibaca dan membuat ringkasan.
3. Guru dan siswa menetapkan siapa yang pertama berperan sebagai pembicara dan siapa yang berperan sebagai pendengar.
4. Pembicara meambacakan ringkasannya selenkap mungkin, memasukan ide-ide pokok dalam ringkasan.
        Sementara pendengar :
        - Menyimak/mengoreksi.menujukan ide-ide pokok yabf kurang lengkap,
        - Membantu mengingat.menghafal ide-ide pokok dengan menghubungkan materi sebelimnya atau denagn materi lainnya/
5. Bertukar peran, semla sebagai pembicara ditikar menjadi pendengar dan sebaliknya. Serat lakukan seperti di atas,
6. Kesimpulan siswa bersama-sama dengan guru.
7. Penutup.




Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

BAB I. PRINSIP-PRINSIP IIBADAH DAN SYARI'AT

khiyar, musaqoh, muzaroah dan muhkobaroh